lembah-dieng.jpgInovatif dalam segala hal itu penting. Lebih-lebih dalam dunia pendidikan, baik sisi strategi belajar, metode, bahan ajar tak terkecuali kurikulumnya. Seperti yang dilakukan oleh program khusus pembelajaran bahasa Arab (PKPBA)UIN Malang, untuk mengantisipasi rasa bosan mahasiswa selama satu semester perlu adanya inovasi dalam metode pembelajaran bahasa Arab yaitu dengan mengadakan kegiatan ansyithah `asykariyah (kemah bahasa) di lembah Dieng.Dalam kegiatan tersebut mahasiswa diberi kesempatan untuk berekspresi sepuasnya, tentunya semua kegiatan dibingkai dengan nuansa berbahasa Arab. Ada adu pidato, masrohiyah (drama), debat, imathah (permainan kata) bahkan Ghina`(bernyanyi). Semua kegiatan dibuat oleh mahasiswa. Misalnya kreatifitas dari kelas B4, yang menggubah lagu Jablay dengan lirik yang berbeda.

Nahnu min fasli bak(ب) ar-rabi`

goyang.jpg

Nasytariku fi hazal barnamij

Lina`rifa lughatal `arabiyah

Lughtul qur`an walughatul jannah

 

Lalailailailailai…….

 

Nahnu min fasli bak(ب) ar-rabi

Lalailailailailai…….

 

Nahnu nuhibbu lughatal arabiyah

Woowww….!, Seru banget, mereka seakan angslup dalam lagu. Beban tugas kuliah, rutinitas kampus, kiriman ngadat dan ….., lepas semua. Bahkan anehnya, yang biasanya di kelas pasif, ketika itu ikut bergoyang sambil bernyanyi kenceng. Ha..ha…ha… luar biasa.

imatoh-1.jpgSaking serunya sebagian mahasiswa tidak tidur semalam suntuk. Maklum ajang kreativitas baru selesai sampai pukul 01.30. Wib. dengan kegiatan drama sebagai acara pamungkas dan di tutup dengan bakar jagung bersama. Dan keesokan harinya dilanjutkan olah raga bareng dilanjutkan pengumuman kelas terbaik.

Huww…….!!!, suara riuh diiringi tepuk tangan kegirangan, kelas B4 yang berjumlah 30 mahasiswa spontan mendendangkan lagu Jablay ala Arab.

 

Lalailailailailai…….

Nahnu min fasli bak(ب) ar-rabi

Lalailailailailai…….

Nahnu nuhibbu lughatal arabiyah

 

Hmm…. Selamat ya…

Ustad…..! mata naqumu marratan ukhra?(ustad.., kapan kita lakukan lagi?), sela kamal sang ketua kelas.

Al-ikhtibar an-nihai` `ala bawwab ya akhi (UTS sudah di ambang pintu akhi…) Sergaku sekenanya.

mau-pulang.jpg